6 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri pada saat haid memang sangat mengganggu aktivitas bagi wanita. Meskipun tidak semua wanita merasakan nyeri haid, namun hal ini sangatlah menyakitkan bagi yang mengalami. Rasanya pun bervariasi. Kebanyakan wanita masih bisa melakukan aktivitasnya sambil menahan nyeri haid, tetapi ada juga wanita yang tidak sanggup melakukan aktivitasnya pada saat haid dikarenakan nyeri yang teramat sangat.

Terdapat beberapa cara mudah untuk mengurangi nyeri pada saat haid. Berikut ulasannya :

  1. Berbaring

Hal pertama yang bisa dilakukan dengan mudah ketika nyeri haid muncul adalah dengan berbaring. Berbaring dapat mengurangi nyeri yang dirasakan. Pilihlah posisi yang nyaman, kemudian ambil napas panjang, kemudian keluarkan secara perlahan. Lakukan beberapa saat hingga nyeri haid berkurang.

  1. Minum Jamu

Ternyata di era saat ini masih banyak wanita yang mempercayakan solusi kesehatannya pada pengobatan tradisional atau jamu. Hal ini sangat diminati karena jamu terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping. Selain itu, jamu juga terkadang memang terbukti ampuh dan efektif dapat menghilangkan nyeri haid. Nah, kamu juga dapat membuat jamu pereda nyeri haid sendiri di rumah loh. Caranya, siapkan 15-30 gram daun dewa, 20 gram kunyit, dan 600cc air putih. Kemudian rebus semua bahan tersebut hingga susut setengahnya. Setelah itu disaring, dan diminum. Air ramuan itu bisa langsung diminum dua kali setiap hari selama haid.

  1. Mandi Air Hangat

Jika di hari-hari biasa kamu mandi dengan air dingin, maka selama haid mandilah dengan air hangat. Mandi dengan air hangat dapat melancarkan peredaran darah sehingga badan terasa lebih relaks sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang sedang dirasakan.

  1. Kompres Air Hangat

Masukkan air hangat kedalam botol, kemudian kompreskan pada area perut yang terasa nyeri. Dengan cara ini, rasa nyeri pun akan berkurang. Mengompreskan bagian yang terasa nyeri akan membuat  rileks serta mengendurkan otot-otot yang tegang.

  1. Minum Air Hangat

Minum air hangat juga dapat mengurangi rasa  nyeri pada saat haid. Namun dalam keadaan ini sangat dilarang minum minuman yang mengandung kafein dan gula yang tinggi. Karena hal ini bisa mengakibatkan nyeri yang dirasakan semakin parah. Nah, minuman apa yang cocok ketika nyeri haid datang ?

Leave your reply