5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Berjerawat

Jerawat memang sangat menyebalkan. Hadirnya tidak dinantikan, dan kepergiannya  pun sangat diharapkan. Ketika jerawat tiba-tiba muncul, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan supaya  jerawat cepat enyah dari wajah.  Berikut  ulasan 5 hal yang tidak boleh dilakukan ketika wajah sedang berjerawat:

Memencet Jerawat

Ketika jerawat muncul, tangan seringkali gatal untuk memencet jerawat tersebut. Apalagi jika jerawat sudah muncul whitehead diujungnya. Keinginan untuk segera membumi hanguskan jerawat memang sangat diharapkan. Tetapi apabila kita memencet jerawat, bukan malah menghilangkan jerawat dengan segera, tetapi justru malah memperlama proses penyembuhan jerawat tersebut. Apalagi jika tangan Anda kotor. Ini  akan sangat berisiko sekali menyebabkan infeksi  dan mengakibatkan bekas jerawat yang sulit hilang.

Pasta Gigi

Menyembuhan jerawat dengan pasta gigi hanyalah mitos belaka.  Walaupun kandungan pada pasta gigi ada yang bisa menyembuhkan jerawat, tetapi  secara keseluruhan pasta gigi hanya akan menimbulkan jerawat baru pada wajah Anda. Pasta gigi mengandung Flouride dan zat pemutih. Zat inilah yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit wajah.

Facial dan Chemical Peels

Facial dan chemical peels memang dapat membantu menghilangkan jerawat. Tetapi hasilnya tidak muncul segera. Justru kulit akan mengalami iritasi selama beberapa waktu. Daripada melakukan facial hanya ketika jerawat muncul, lebih baik melakukan facial rutin secara berkala, karena hal ini juga dapat mencegah timbulnya jerawat. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan ?

Headband atau plester

Menyamarkan jerawat dengan menggunakan headband atau menempelkan plester pada bagian yang berjerawat bukanlah solusi. Hal ini akan menyebabkan panas dan gesekan pada kulit sehingga justru memperparah kulit yang sedang meradang. Selain itu juga dapat menyebabkan terjebaknya kotoran pada kulit sehingga malah akan menimbulkan jerawat baru.

Aspirin

Mungkin anda pernah mendengar bahwa menumbuk aspirin dan mengoleskannya pada jerawat  dapat membantu menghilangkan jerawat. Sangat disarankan untuk tidak melakukan hal tersebut.  Aspirin memang mempunyai komponen yang sama dengan krim anti jerawat, yakni asam salisilat. Namun secara spesifik, aspirin dibuat bukan untuk kulit. Mengoleskan tumbukkan asspirin pada wajah hanya akan membuat iritasi pada kulit saja.

Demikianlah ulasan mengenai apa yang tidak boleh dilakukan pada saat kulit sedang berjerawat. Semoga dapat membantu ya.

Leave your reply