5 Cara Mudah Menghilangkan Jerawat

Hilangnya jerawat dari muka kita memang menyenangkan. Eits, tapi ternyata masalah tidak selesai sampai disitu. Timbul masalah baru, yakni bekasnya! Walaupun saat wajah kita diraba sudah mulus, tetapi saat tengah berkaca tetaplah si bekas jerawat membandel itu sangat mengganggu pandangan.

Nah kali ini Admin akan membahas 5 cara mudah menghilangkan bekas. Berikut ulasannya:

  1. Putih Telur

Putih telur mengandung asam amino dan protein yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan dan menghilangkan bekas jerawat. Putih telur juga dapat mengencangkan pori-pori kulit, sekaligus mempercepat regenerasi sel kulit. Caranya juga sangat mudah. Ambil putih telur, kocok hingga mengembang, lalu dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Tunggu beberapa menit hingga mengering, bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini 1-3 kali dalam seminggu.

  1. Bawang Putih

Ternyata bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masak di dapur loh. Tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa Thiacremonon Sulfur yang dapat mengeringkan jerawat serta menghilangkan bekasnya. Caranya, haluskan bawang putih hingga teksturnya berubah seperti pasta, kemudian tinggal dioleskan saja ke bagian yang terdapat bekas jerawatnya. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu juga bisa menambahkan cuka apel pada adonan pasta bawang putih.

  1. Kulit Jeruk

Eits.. setelah makan jeruk kulitnya jangan langsung dibuang yah! Karena ternyata, kulit jeruk ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk membersihkan kulit wajah loh.

Nah, kulit jeruk mengandung vitamin C dan Alpha Hidroksi yang cukup tinggi sehingga mampu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran. Jika digunakan secara rutin, kulit jeruk juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat.

Berikut caranya :

  • Jemur kulit jeruk selama beberapa hari hingga benar-benar kering
  • Haluskan kulit jeruk hingga berbentuk bubuk
  • Campurkan bubuk kulit jeruk dengan air secukupnya hingga berubah tekstur seperti pasta
  • Oleskan pasta kulit jeruk pada bagian wajah yang berjerawat, diamkan beberapa menit hingga kering
  • Basuh dengan air hangat
  1. Pepaya

Selain lezat untuk dimakan, pepaya juga ampuh digunakan untuk menghilangkan jerawat loh. Hal ini dikarenakan pepaya mengandung enzim papain yang mampu mengikis sel kulit mati. Disamping itu, pepaya juga mengandung antioksidan dan vitamin yang bisa mengatasi kulit berjerawat sekaligus menghilangkan bekasnya.

Caranya mudah sekali. Setelah pepaya dibersihkan, kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Setelah halus, bisa langsung digunakan sebagai masker. Jangan lama-lama karena pepaya mempunyai efek yang cukup kuat pada kulit. Jika didiamkan lebih dari 15 menit, akan menimbulkan efek kemerahan.

  1. Ketimun

Ketimun mengandung Astringent yang mampu mengurangi kemerahan pada kulit dan mampu mencegah timbulnya bekas jerawat. Vitamin E yang terkandung pada ketimun juga berfungsi sebagai antioksidan penangkal efek radikal bebas yang berbahaya bagi kulit.

Ada dua cara yang bisa digunakan, yaitu :

  1. Iris ketimun, dan langsung letakkan pada wajah yang berjerawat selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan.
  2. Parut ketimun, campurkan dengan dengan madu. Kemdian oleskan kepada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan kurang lebih 15 menit, bilas dengan air hangat, dan keringkan.

Demikianlah cara-cara prakts yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel pada wajah. Semoga bisa membantu ya.

 

Leave your reply