Ketahui Hal Ini Yuk Tentang Kurban

Posted by

Qurban merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh setiap umat muslim di setiap tahunnya dengan menyembelih hewan ternak. Waktu saat berkurban yaitu di hari raya Idul Adha dimana penyembelihannya dilakukan saat setelah melaksanakan sholat Idul Adha. Menurut pendapat dari ulama, hukum qurban yaitu sunnah muaqqadah. Bagi muslim yang mampu dan dan dimudahkan maka sangat dianjurkan baginya untuk melaksanakan ibadah qurban. Tetapi jika mereka yang mampu dan dimudahkan tidak melaksanakannya, maka mereka akan berdosa dan tidak akan mendapatkan pahala keutamaan ibadah sunnah.

Mungkin belum banyak yang mengetahui bagaimana sebenarnya hukum qurban itu. Qurban hukumnya sunnah bagi seluruh umat muslim, tetapi sebagian ulama mengatakan berkurban itu wajib hukumnya bagi yang merasa mampu dan dimudahkan untuk melaksanakannya. Hal ini menyimpan arti bahwa Allah SWT mengajarkan hamba-Nya untuk berlatih menyisihkan hartanya untuk beribadah dimana caranya adalah dengan berkurban. Untuk melaksanakan ibadah qurban ini harus memiliki niat yang tulus dari dalam hati, agar kemudahan itu datang dan memberikan manfaat bagi berbagai pihak. Sehingga hal terpenting dalam berkurban itu bukan dari mahal atau tidaknya harga hewan qurban atau besar kecilnya ukuran hewan qurban, melainkan yang paling utama adalah niat ketulusan hati untuk memberi manfaat bagi orang lain.

Melalui hukum qurban, mengajarkan umatnya untuk bersyukur atas limpahan nikamat dan rezeki yang diperoleh selama hidup. Seharusnya setiap umat muslim mengetahuinya dan mau membagi sebagian rezekinya untuk orang lain, karena dalam sebagian rezeki yang diperoleh ada bagian untuk orang lain yang perlu dimuliakan. Setiap umat muslim hanya perlu membelanjakannya dalam bentuk hewan qurban untuk disembelih dan dibagikan pada yang berhak dengan tata cara memperhatikan ajaran Islam.

Alangkah baiknya jika harta yang sudah diperoleh dapat dibelanjakan dengan baik, apalagi untuk berkurban seperti ini. Tidak akan pernah habis harta jika digunakan untuk kepentingan ibadah, justru Allah SWT akan mendatangkan kembali rezeki melalui cara lain. Sehingga akan ada keberkahan dalam menunaikan ibadah qurban jika berkurban dilakukan secara tulus dalam hati. Malaikat akan mencatat amal baik yang umat muslim lakukan, dan amal tersebut bisa dijadikan sebagai tabungan di akhirat kelak.
Sebagai umat muslim yang mampu mentaati perintah-Nya, pasti tidak akan keberatan untuk bisa melaksanakan ibadah qurban di setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan berkurban sangat dianjurkan atau wajib hukumnya bagi umat muslim yang mampu dan dimudahkan untuk menunaikannya. Hukum qurban ini tentu seharusnya sudah dipahami oleh setiap umat muslim di setiap tahunnya. Dan menjadikannya sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta memberikan manfaat bagi orang lain terutama bagi orang-orang yang lebih membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *