Negara Yang Kini Dilanda Kelaparan

Posted by

Anda mungkin sudah mendengar berita mengenai krisis kelaparan akut yang melanda beberapa negara di afrika. Krisis tersebut terutama disebabkan oleh konflik yang terjadi secara berkepanjangan. Konflik berkepanjangan tersebut menyebabkan krisis kelaparan dan kesehatan. Pada tahun ini di umumkan bahwa Nigeria, Somalia, Yaman, dan Sudan Selatan menjadi negara yang terancam kelaparan. Kelaparan di Nigeria dan 3 negara lainnya tersebut menjadi salah satu masalah yang harus mendapatkan perhatian khusus dunia. PBB juga sudah mengumumkan masalah tersebut kepada dunia. Sebagai negara yang mendapat julukan raksasa afrika dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat, Nigeria tidak dapat mengelak bahwa sebagian wilayahnya mengalami krisis kelaparan dan kesehatan yang hebat.

Perkembangan dan pertumbuhan ekonomi yang pesat di Nigeria ternyata tidak menggambarkan kemakmuran seluruh rakyatnya. Di kawasan timur laut Nigeria, kelaparan dan krisis kesehatan melanda karena dampak konflik yang tidak kunjung berakhir serta aksi teror yang dilakukan oleh kelompok Boko Haram. Warga di kawasan tersebut kehilangan tempat tinggal dan pergi mengungsi meninggalkan harta dan tanah pertanian mereka. Karena hal tersebut, kini mereka tidak lagi mampu menghasilkan bahan pangan mereka sendiri dan mengandalkan bantuan yang datang. Kekurangan pangan yang serius bahkan melanda tidak kurang dari 5,1 juta warga Nigeria dengan 450 ribu dari jumlah tersebut adalah anak-anak yang sebagian besar mengalami gizi buruk. Wilayah Abuja, Borno, Yobe, dan Adamawa adalah tempat yang disebut PBB sebagai tempat terdampak paling parah. Kelaparan di Nigeria ini menjadi salah satu krisis kelaparan yang besar di dunia.

Konflik yang melanda daerah Nigeria bagian timur laut dan negara di sekitarnya pecah pada tahun 2009 dan masih berlangsung hingga sekarang. Beberapa negara bagian di wilayah tersebut diperebutkan pemerintah dan sebuah kelompok yang bernama Boko Haram. Perebutan wilayah tersebut membuat penduduk sipil yang tinggal di daerah tersebut mendapatkan imbasnya. Ada banyak korban jiwa yang terus berjatuhan karena konflik berkepanjangan ini. Warga di kawasan konflik tersebut kini kehilangan tempat tinggal dan kawasan pertanian mereka. Mengungsi adalah satu-satu solusi yang dapat dilakukan. Namun, mengungsi saja tidak dapat menyelesaikan masalah. Ada masalah baru yang muncul, yaitu masalah pemenuhan kebutuhan pangan serta kesehatan. Kelaparan Nigeria terutama di kamp-kamp pengungsian tidak dapat dielakkan.

Berbagai tim telah di kirimkan untuk membantu menangani kelaparan di Nigeria termasuk tim penyalur bantuan dan tenaga kesehatan. Berbagai organisasi dan badan yang bergerak di bidang bantuan di Indonesia juga turut membantu dengan mengirimkan berbagai kebutuhan. Salah satu yang aktif memperhatikan hal tersebut adalah Global Wakaf yang sudah bekerjasama dengan aksi cepat tanggap. Pengiriman tim penyalur bantuan telah dilakukan dan akan dilakukan secara berkesinambungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *