Kelaparan di Nigeria dan Bantuan yang Diperlukan

Posted by

Berbagai konflik yang terjadi di berbagai belahan dunia menimbulkan berbagai dampak negatif. Banyak sekali konflik yang menyebabkan kesengsaraan bagi warga sipil yang terlibat di dalamnya atau tinggal di wilayah tempat terjadinya konflik. Krisis pangan dan kesehatan menjadi salah satu hal yang perlu menjadi perhatian masyarakat dunia. Salah satu negara yang mengalami imbas konflik adalah Nigeria. Kelaparan di Nigeria memang tidak berimbas pada keseluruhan wilayah, melainkan hanya pada daerah konflik yaitu pada wilayah utara-timur Nigeria. Kawasan ini mengalami krisis kelaparan yang parah akibat adanya konflik kekerasan yang dilakukan oleh kelompok Boko Haram. Kelompok Boko Haram ini adalah kelompok terorisme yang menyerang tidak hanya kawasan utara-timur Nigeria saja, tetapi beberapa negara lain di sekitarnya. Imbasnya, terjadi krisis pangan dan kesehatan pada kawasan tersebut. Adapun kawasan negara lain yang juga terkena imbasnya adalah Chad, Kamerun, dan Nigeria

Kelaparan di Nigeria dan Upaya Bantuan Kemanusiaan

Sebagai negara yang memiliki hubungan erat dengan negara-negara di Afrika, Indonesia merupakan salah satu negara pendonor bantuan yang dikirim langsung ke Nigeria. Kelaparan di Nigeria yang melanda kawasan Lake Chad Basin dan sekitarnya ini mendapat perhatian khusus di Indonesia dan berbagai negara di dunia. Krisis kemanusiaan yang terjadi di berbagai belahan dunia ini bahkan dikatakan oleh PBB sebagai sebuah krisis kemanusiaan yang terbesar setelah krisis kemanusiaan pada tahun 1945. Oleh sebab itu, perhatian dunia sangat besar pada krisis ini. Sebagai salah satu wilayah yang terdampak langsung, banyak pengungsi yang membutuhkan perhatian baik dari segi pangan maupun kesehatan. Selain menderita kelaparan, kawasan pengungsian yang berpusat di beberapa wilayah di Nigeria ini juga membutuhkan berbagai obat-obatan. Berbagai penyakit menyerang penduduk setempat seperti malaria, penyakit kulit, dan diare yang disebabkan oleh bakteri. Kita sebagai warga Indonesia juga dapat membantu mereka yang membutuhkan dengan turut menyalurkan bantuan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan dalam rangka menyalurkan bantuan kita. Salah satunya adalah dengan menyalurkannya melalui badan Global Wakaf.

Global Wakaf bekerja sama dengan aksi cepat tanggal sudah mengirimkan delegasinya ke kawasan krisis pangan dan kesehatan tersebut pada kisaran maret lalu dan berencana terus membantu berbagai masalah yang terjadi di sana. Selain berangkat ke kawasan Nigeria, tim juga dikirimkan ke wilayah terdampak konflik lainnya seperti Yaman, Sudan, dan Somalia. Tim tersebut diberangkatkan untuk menyalurkan bantuan langsung pada masyarakat yang membutuhkan di sana. Kelaparan di Nigeria menjadi salah satu hal yang perlu mendapat perhatian serius dunia. Bantuan melalui Global Wakaf dapat dengan mudah Anda salurkan. Ada berbagai metode penyaluran dana yang dapat Anda lakukan mulai dari transfer sampai dengan secara online. Sehingga dapat Anda lakukan dengan mudah kapan saja dan dimana saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *