Siapa Penerima Macam-Macam Zakat Menurut Islam yang Sudah Dibayarkan?

Posted by

Zakat merupakan salah satu dari 5 rukun Islam yang sering kali kita ulang-ulang dan kita hafalkan pada saat sekolah dasar. Tahukah Anda bahwa zakat merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan untuk menyempurnakan ke-Islaman Anda? Sebagai umat Islam yang mampu dan memiliki kemampuan, membayar zakat adalah hal yang wajib ditunaikan. Macam-macam zakat menurut Islam dibedakan menjadi dua, yaitu zakat mal yaitu zakat harta atau kekayaan dan zakat fitrah yang kita bayarkan setiap bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri. Sudahkah Anda menunaikan kedua zakat tersebut? Untuk zakat mal, Anda beberapa macam yang apa bila sudah mencapai nishabnya, harus dibayarkan sesuai dengan perhitungan dan ketentuan masing-masing.

Lalu, kemana zakat yang sudah dibayarkan disalurkan? Macam-macam zakat menurut Islam yang sudah dibayarkan kemudian disalurkan kepada mereka yang memiliki hak untuk menerimanya. Siapa saja yang memiliki hak untuk menerimanya. Ada 8 golongan yang memiliki hak untuk menerima zakat. 8 golongan tersebut disebutkan dalam Al Quran Surat At Taubah ayat 60. Adapun kedelapan golongan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Fakir

Fakir merupakan mereka yang tidak memiliki harta benda atau penghasilan sehingga tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pokok dirinya termasuk sAndang, papan, dan pangan.

2. Miskin

Miskin adalah mereka yang memiliki penghasilan dan harta benda namun, tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok dirinya serta keluarga yang ditanggungnya dengan penghasilan dan harta bendanya.

3. Mualaf

Mualaf adalah mereka yang baru saja mendapat hidayah dan memeluk agama Islam sehingga masih memiliki keimanan yang lemah.

4. Amil

Amil adalah mereka yang menjadi pengurus zakat. Yang dimaksud pengurus zakat adalah mereka yang bertugas menerima zakat, mencatat, serta menyalurkan zakat yang diterimanya.

5. Riqab

Riqab juga disebut sebagai hamba sahaya yakni budak yang bisa bebas jika ditebus dengan sejumlah uang.

6. Gharimin

Macam-macam zakat menurut Islam selanjutnya adalah Gharimin adalah mereka yang memiliki hutang atau menanggung hutang dan tidak memiliki kesanggupan untuk melunasi atau membayar disebabkan karena jatuh miskin.

7. Fi sabilillah

Fi sabilillah adalah mereka yang melakukan perjuangan di jalan Allah SWT. Berjuang di jalan Allah dapat diartikan dalam arti yang sangat luas yang berfokus pada melindungi serta memelihara Islam dan tauhid.

8. Ibnu sabil

Ibnu sabil adalah mereka yang sedang melakukan perjalanan dan terputus perbekalannya selama melakukan perjalanan tersebut. Adapun perjalanan tersebut dilakukan bukan untuk melakukan maksiat.

Nah, itu tadi mereka yang berhak menerima macam-macam zakat menurut Islam yang sudah dibayarkan. Ada 8 golongan yang memiliki hak tersebut. Penyaluran zakat tersebut dilakukan sesuai dengan regulasi. Untuk penyaluran yang tepat sasaran, membayar zakat melalui lembaga zakat seperti Global Zakat dapat Anda lakukan agar zakat dapat disalurkan dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *